--> OtomoTips | Memberikan informasi seputar dunia otomotif

OtomoTips

Berbagi tips dan info manarik seputar otomotif

Tuesday, March 2, 2021

PPnBM Sudah 0% Karyawan Daihatsu Ini Memberi Informasi Dengan Tiktok Dance

PPnBM Sudah 0% Karyawan Daihatsu Ini Memberi Informasi Dengan Tiktok Dance

 

Cro dan Sales Daihatsu Himbau Masyarakat Beli mobil sekarang dengam cara Tiktok Dance

Bandung, 02 Maret 2021
Mentri keuangan Sri Mulyani telah Sah menetapkan penghapusan PPnBM untuk beberapa tipe mobil dari beberapa brand di Indonesia. Salah satunya Daihatsu, untuk Daihatsu sendiri tipe tipe mobil yang terkena dampak PPnBM 0% adalah Daihatsu Xenia, Daihatsu Luxio, Granmax Minibus dan Daihatsu All New Terios. Ke empat tipe mobil daihatsu tersebut mendapat keringan PPnBM 0% sehingga harga On The Road pun menjadi turun dan jauh lebih murah dari Harga OTR bulan lalu.

Uniknya dua karyawan Daihatsu dari dealer Kharisma Siliwangi ini menghimbau masyarakat dan memberikan informasi unit yang terdampak PPnBM dengan cara berjoged tiktok. Agnes Customer Relationship Officer Kharisma Siliwangi Bandung menghimbau masyarakat untuk tidak menunda nunda membeli mobil. Karena keringanan PPnBM 0% ini hanya berlaku di Bulan Maret, April dan Mei, sebelum nantinya kebijakan berubah kembali menjadi 50%dan selanjutnya 75% sampai dengan akhir tahun 2021. 

Selain Agnes,seorang Sales Consultant Kharisma Siliwangi pun ikut meramaikan himbauan tersebut dengan cara berduet tiktok dance di Showroom Daihatsu. Dengan cara tersebut mereka berharap masyarakat agar membeli mobil saat ini karena memang cukup murah dan menguntungkan masyarakat, tegas Agung Sales consultant daihatsu Bandung Kopo tersebut.

Monday, May 13, 2019

Bocoran Harga Resmi Suzuki Jimny Di Indonesia

Bocoran Harga Resmi Suzuki Jimny Di Indonesia

Otomotips - Inilah bocoran harga resmi suzuki Jimny di Indonesia. Akhir akhir ini banyak beredar foto mengenai pendistribusian mobil legendaris pabrikam Suzuki yakni Suzuki Jimny. Sudah tentu banyak sekali yang sudah menanti nanti datangnya mobil legendaris ini di tanah air. Ciri khas Jip nya yang membuat para penggemar mobil jip di Indonesia rela menanti untuk mendapatkan mobil ini.

(Foto : IG @ber.kendara ) 

Ada kabar melalui surat internal bahwa suzuki Jimny masuk ke Indonesia dengan membawa delapan warna pilihan, dengan rincian 5 single tone dan 3 two tone colour. Dan warna tersebut disesuaikan dengan warna Jimny di pasar global. Warna warna tersebut antara lain putih, hitam, abu abu, silver dan hijau tua. Sedangkan yang two tone adalah kuning stabilo, ivory dan biru. Two tone colour yang dimaksud adalah atapnya berwarna hitam.

Suzuki Jimny didatangkan secara ituh dari Jepang, dan menurut pengamatan kelihatannya Suzuki mendatangkan Jimny dengan spek tinggi. Hal ini terlihat dari Head lamp yang mengadopsi LED head Lamp serta indikator AC digital. Emblem Allgrip juga menandakan bahwa Jimny yang masuk ke Indonesia merupakan varian berpenggerak 4 roda atau 4 WD.

Nah satu lagi yang menjadi bahan petimbangannya adalah, bocoran harga suzuki jimny di Indonesia telah banyak beredar di dunia maya. Berikut bocoran harga resmi Suzuki Jimny di Indonesia.

Suzuki Jimny MT 315.500.000 IDR
Suzuki Jimny AT  328.000.000 IDR
Suzuki Jimny MT Two Tone 317.500.000 IDR
Suzuki Jimny AT Two Tone 330.000.000 IDR

Belum ada info resmi mengenasi prosedur pemesanan dan berapa lama waktu pemesanan sampai mobil diterima oleh konsumen. Kita nantikan saja Launching resminya dari Suzuki Indonesia.

Thursday, April 18, 2019

Tips Mearawat Mobil Saat Musim Hujan

Tips Mearawat Mobil Saat Musim Hujan

Tips Mearawat Mobil Saat Musim Hujan - Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, banyak perbedaan bagaimana kita merawat mobil seperti di musim panas. Ada hal yang harus di perhatikan dan perawatan extra agar mobil lebih terjaga. Efek yang ditimbulkan dari air hujan terhadap body mobil berbeda dengan efek dari air biasa, ini dikarenakan air hujan mengandung garam, dan akan sangat berpengaruh terhadap body dan cat mobil. Bahkan rangka bagian dalam mobil pun akan lebih cepat berkarat bila terus terusan terkena air hujan. Nah berikut otomotips berikan tips merawat mobil pada saat musim hujan.

Mengemudi saat hujan

1. Jangan biarkan air hujan mengering

Saat menggunakan mobil saat hujan , sudah pasti mobil kita pasti akan basah karena air hujan, nah seringkah kita lupa bahwa air hujan yang dibiarkan mngering begitu saja akan berdampak kurang baik bagi body dan cat mobil. Sesaat setelah menggunakan mobil saat hujan, sebaiknya kita segera mengelap mobil atau kalau bisa kita semprot dengan air biasa supaya tidak ada kotoran menempel di body mobil. Pastikan body mobil kering dari air hujan, dan yang tak kalah penting, periksa bagian sekitar mesin dan pastikan bagian bagian fital dijaga supaya tidak basah dan air hujan tidak mengendap. Karena jika dibiarkan akan menjadi karat dan membuat komponen cepat rusak.

2. Semprotkan Silicon mobil

Setelah dicuci dan di leringkan alangkah baiknya kita semprotkan silicon pelindung mobil supaya sisa sisa air hujan yang menempel tidak menimbulkan karat. Terkadang hal sederhana seperti ini selalu kita lewatkan karena mungkin rasa malas atau cape setelah beraktifitas sehari hari.

3. Tambahkan karpet

Menambahkan karpet pada kabin mobil secara tidak langsung akan melindungi tumbuhhnya jamur akibat cipratan air hujan yang masuk melaui celah celah atau terbawa sepatu ketika kita menaiki mobil. Hal ini perlu supaya tidak ada jamur didalam kabin mobil dan tidak menimbulkan bau tidak sedap akibat basah yang dihasilkan dari air hujan tidak kering dengan sempurna di dalam mobil.

4. Simpan mobil di garasi tertutup dan aman

Setelah selesai mencuci mobil, disarankan simpan mobil di garasi tertutup. Bila tidak alangkah baiknya menggunakan cover mobil supaya tidak terkena air hujan lagi pada saat setelah mobil dibersihkan.


Referensi :
Baca sumber referensi artikel



Sunday, April 14, 2019

Daihatsu Keluarkan Xenia Bermesin V8 Benarkah

Daihatsu Keluarkan Xenia Bermesin V8 Benarkah

Daihatsu Keluarkan Xenia Bermesin V8 Benarkah - Siapa yang tidak tahu mobil daihatsu xenia. Salah satu mobil yang dijuluki mobil sejuta umat bersama Avanza. Daihatsu Xenia pertama kali menginjakan rodanya di jalanan Indonesia adalah pada tahun 2004 bersama dengan Toyota Avanza kedua mobil mvp ini langsung menjadi idaman keluarga Indonesia. Selain karena harganya yang relatif murah dibandingkan mobil mvp lainnya, kedua mobil ini dirasa memiliki kelebihan tersendiri. Mulai dari harga, kenyamanan, keamanan, dan after sales yang tidak menyulitkan konsumennya.

Daihatsu Xenia V8 bersama Motomobi 

Setelah 15 tahun menginjakan rodanya dijalanan Indonesia, pada awal tahun 2019 ini baik Daihatsu Xenia maupun Toyota Avanza meluncurkan model barunya. Walaupun tidak bersifat All New, namun ada beberapa perubahan signifikan pada kedua mobil ini baik dari eksterior maupun interios. Oke disini Otomtips tidak akan membahas spesifikasi lengkap dari kedua mobil ini, tapi ada informasi menarik yang akan otomotips bagikan kepada kamu semua. 

Beberapa waktu yang lalu, channel youtube resmi Daihatsu Indonesia ( Daihatsu Sahabatku ) merilis video menarik tentang Daihatsu Xenia ini. Bukan video tentang spesifikasi Daihatsu Xenia yang baru atau secara resminya disebut Daihatsu Grand New Xenia. Melainkan tentang uji coba Daihatsu Xenia yang dilakukan di sircuit Sentul. Wah kenapa dilakukan di track balapan yah. Padahal kan secara spesifikasi Daihatsu Xenia sangat tidak cocok untuk dipakai balapan di sircuit apalagi dengan kondisi body dan mesin yang ori bawaan pabrik.

Sahabat OtomoTips, ternyata uji coba ini merupakan sebuah project kolaborasi Daihatsu Indonesia (Daihatsu Sahabatku), bersama dengan Om Motomobi, Om Turbo dan Om Fitra Eri. Kalian tentunya sudah tidak asing lagi kan mendengar nama nama keren yang otomotips sebutkan tadi. Luar biasa bukan, sebuah mobil mvp Daihatsu Xenia di uji coba di sircuit balapan. Sudah tentu yang di uji adalah kecepatan dan tenaga dari mesin Daihatsu Xenia bukan. 

Persiapan uji coba xenia V8 bersama Motomobi, Om Turbo dan Fitra Eri

Daihatsu Indonesia ternyata tidak main main mereka keluarkan varian Xenia bermesin V8, yaah tepat sekali ini hanyalah uji coba project yang di gagas Daihatsu Indonesia bersama dengan Motomobi, Fitra Eri dan tentunya Om Turbo. Daihatsu Xenia ini merupakan varian Daihatsu pada umumnya yang dijual di Indonesia. Akan tetapi di tangan Motomobi dan Om Turbo, Daihatsu Xenia ini di rombak secara ekslusif. Tidak tanggung tanggung, mereka memasang mesin V8 atau 8 silinder bertenaga 4000 cc. Wow hebat bukan, sebuah mobil mvp keluargq dipasang mesin bertenaga 4000 cc. Ini merupakan satu satunya Xenia bermesin V8 di Indonesia bahkan di Dunia. 

Daihatsu Xenia ini merupakan milik om motomobi dan dirancang sedemikian rupa dengan memasangkan mesin Lexus seri LS400 4000cc. Pasti kalian juga ingin mencobanya bukan, hehhe. Selain perubahan di bagian mesin, chasis atau rangka dari xenia ini ternyata sudah dirombak juga. Shockbreker bahkan rem deoan belakang pun di modifikasi sedemikian rupa. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kekuatan mobil Xenia itu sendiri, karena mesin V8 menghasilkan getaran dan kekuatan yang besar yang akan mempengaruhi getaran body, chasis, serta shockbreker mobil teresbut.

Mesin Lexus LS400 4000cc 

Uji coba dilakukan oleh seorang pembalap terkenal yang juga penggiat otomotif yakni Fitra Eri. Setelah dicoba di track sircuit sentul, mobil daihatsu xenia ini berhasil mencatatkan waktu hanya 7 detik untuk mencapai 100 km per jam. Sebuah tenaga mesin yang luar biasa untuk sebuah ukuran mobil mvp keluarga yang banyak dipakai masyrakat di Indonesia. Namun apakah Daihatsu Indonesia akan meluncurkan varian Xenia bermesin V8 juga? Tentunya mungkin mobil mvp keluarga daihatsu pasti akan berpikir ratusan kali untuk memasarkan xenia V8 di Indonesia.

Selain biaya yang digunakan pasti akan sangat tinggi, serta harga jual yang dihasilkan pun akan sangat mahal untuk ukuran mobil mvp. Maka sudah dipastikan Daihatsu tidak akan memproduksi Xenia V8 untuk dijual dipasaran Indonesia. Itulah info menarik seputar otomotif kali ini, jika sahabat otomotips suka dan tertarik cukup share artikel ini ya. Terimakasih.


Saturday, April 13, 2019

Cara Mudah Mengemudi Mobil di Tanjakan Saat Macet

Cara Mudah Mengemudi Mobil di Tanjakan Saat Macet

Cara mudah mengemudi mobil di tanjakan saat macet - Mengemudikan mobil memang terbilang gampang gampang susah. Apalagi jika baru pertama kali bisa mengemudi mobil pasti banyak keraguan dan ketakutan tersendiri bagi pengemudinya. Tenang saja, bagi kamu yang baru bisa menyetir mobil sendiri tetap lah fokus dan jangan panik bila pertama kali mengemudi mobil di jalan raya yang ramai.

Menyetir mobil

Terkadang apabila kamu baru bisa menyetir, ada rasa panik dan was was apabila mulai menyetir di jalan raya. Terlebih jika perjalanan cukup jauh dan trafic lalu lintas macet. Hal itu memang wajar, karena pengalaman lah yang nantinya membuat kamu mahir menyetir mobil. Jika kamu ragu dan takut dan tidak mau menyetir di jalan raya maka akan sangat lama juga kamu bisa lancar menyetir mobil.

Pengalaman dalam menyetir mobil dengan dibarengi jam terbang yang cukup tinggi akan dengan sendirinya membuat kamu lancar mengemudi. Jadi intinya jangan ragu, stay fokus, dan lihat ke depan. Namun pernahkah kamu mengalami kondisi dimana saat mengemudikan mobil kamu berada di jalan menanjak dan macet. Pasti sebagian akan panik dan tidak fokus, karena kebanyakan takut jika mobil mundur kembali. Nah jika kamu merasa masih ragu dan baru bisa menyetir mobil kamu cukup ikuti tips cara mudah mengemudi mobil di tanjakan saat macet. OtomoTips akan selalu memberikan informasi seputar dunia otomotif serta tips menarik yang bermanfaat lainnya.

Inilah beberapa tips mudah mengemudi mobil dijalan menanjak dan macet

Mengemudikan mobil dalam setiap perjalanan belum tentu selalu berjalan mulus. Banyak hal yang harus membuat kita fokus selama mengemudi, salah satunya jika kamu baru bisa mengemudikan mobil dan melakukan perjalanan yang cukup jauh seperti mudik ke kampung halaman, pastinya akan mengalami beberapa rintangan di jalan. Salah satunya adalah jika kondisi macet dan mengharuskan kita berhenti di jalanan yang menanjak. Tidak usah panik, kamu cukup lakukan hal ini :

Tetap fokus dan tidak usah panik
Pada saat kamu mengemudi, dan kamu berada pada keadaan jalanan macet atau padat merayap tentunya akan sangat melelahkan bukan. Apalagi jika kebetulan kemacetan terjadi dijalan yang menanjak, dan mengharuskan kamu untuk berhenti serta jalan sedikit demi sedikit. Tentunya rasa panik akibat lelah dan konsentrasu tinggi akan timbul seketika apalagi jika kamu belum lancar atau baru bisa mengemudikan mobil. Hal yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan jangan kehilangan fokus. 

Gunakan rem tangan

Kepanikan hanya akan menimbulkan masalah lain. Jika saat itu terjadi kamu bisa diuntungkan dengan sedikit mengistirahatkan kaki kamu (jika mobil bertransmisi manual). Kamu cukup pindahkan transmisi pada mode N atau netral tarik tuas rem tangan dan rilex kan kaki kiri kamu sejenak sambil menunggu arus lalu lintas berjalan lagi. Hal yang sama juga berlaku untuk mobil jenis matic, kamu juga disarankan untuk memilih mode N dan taris tuas rem tangan, sehingga kaki kanan kamu bisa istirahat dengan tidak terus menerus menginjak rem.

Catatan tambahan, baik mobil bertransmisi manual ataupun matic alangkah baiknya jika kemacetan mengharuskan mobil berhenti cukup lama kamu harus memilih mode transmisi netral dan menarik tuas rem tangan. Sehingga kamu tidak terus menerus menginjak rem atau kopling (untuk mobil manual) karena akan nantinya rem atau kopling mobil akan cepat aus.

Gunakan rem tangan dengan efektif
Seperti yang tadi sudah di bahas di atas, ketika kamu mengendarai mobio dijalan menanjak dan dalam keadaan macet, alangkah baiknyankamu gunakan rem tangan. Selain bisa mengistirahatkan kaki kamu cara ini juga efektif untuk  kamu yang baru bisa menyetir mobil. Karena jika menggunakan rem tangan pada saat laju lalu lintas kembali berjalan kamu akan lebih mudah menjalankan mobil kamu dengan tanpa harus takut mobil mundur kembali. 

Macet ditanjakan (foto oleh ragaminfobaru.blogspot.com)

Sebelum menurunkan rem tangan kamu masukan transmisi pada gigi 1, lalu lepas kopling perlahan berbarengan dengan menurunkan rem tangan dan saat itu juga kaki kanan kamu injak pedal gas secara perlahan. Dijamin mobil kamu akan melaju dengan normal tanpa takut mobil bergerak mundur. Cara ini juga terbilang aman dan efisien karena kamu tidak harus menginjak pedal kopling secara terus menerus. Karena akan berakibat kopling cepat habis.

Namun jika kamu sudah pengalaman dan mahir dengan sendirinya tanpa bantuan rem tangan pun kamu sudah bisa menjalankan mobil ditanjakan pada saat macet hanya dengan mengontrol kopling, pedal rem dan pedal gas. Akan tetapi itu dilakukan jika macetnya tidak stuck atau masih padar merayap. Jika macet total dan lama tetap gunakan rem tangan supaya kaki kamu bisa istirahat dan tidak keram.

Nah sahabat OtomoTips, itulah tips mudah mengemudi mobil ditanjakannpada saat macet. Tetap lah fokus, selalu waspada dan tetap utamakan keselamatan dalam berkendara. Terimakasih.